Terbaru, Layanan E Dabu BPJS Kesehatan Makin Bikin Mudah!

e dabu

Di antara semaraknya perkembangan digitalisasi, banyak dibuat aplikasi berbasis online yangmemudahkan kepada para penggunanya untuk mengakses suatu platfrom, hadir pula dalam layanan BPJS Kesehatan yakni e Dabu.

Dengan adanya bantuan dari teknologi inilah, kemudahan atau kepraktisan dalam melakukan sesuatu menjadi lebih cepat tercapai dan tak menutup kemungkinan untuk lebih banyak melakukan inovasi.

E-Dabu sendiri merupakan hasil dari pengembangan digitalisasi dari BPJS Kesehatan yang berarti singkatan dari Elektronik Data Badan Usaha.

e dabu

Tujuan utama dibuatnya platfrom ini adalah untuk memberikan kemudahan atau kepraktisan bagi penggunanya, dalam hal ini dikhususkan untuk perusahaan atau badan usaha yang terbilang memiliki pekerja dalam jumlah yang cukup besar. Sistem ini telah dirilis pada tahun 2015 silam.

Dari awal peluncurannya, edabu BPJS kesehatan pun sudah melakukan revisi beberapa kali dalam pembaharuan platfrom tersebut. Dari versi pertamanya yakni Edabu 1.0 hingga kini sudah ada versi New Edabu 4.2 BPJS Kesehatan.

New Edabu yang memang diperuntukkan bagi sebuah badan usaha. Adapun kemunculannya memang bermaksud untuk meningkatkan kualitas layanan pada masyarakat dari anggotanya yang terdaftar pada perwakilan badan usaha atau lembaganya dalam mengurus jaminan kesehatan dari pemerintah.

Lalu siapa saja badan usaha yang dimaksud?

Ya, program ini akan memberikan kemudahan bagi badan usaha seperti PT (Perseroan Terbatas), CV, atau bahkan lembaga atau organisasi lainnya dalam mengurusi kepesertaan BPJS Kesehatan bagi karyawan di dalamnya.

Kegunaan lainnya dapat mempermudah proses pendaftaran massal, pembaharuan data kepersertaan BPJS kesehatan, ataupun yang lainnya.

Adapun proses dan fitur edabu BPJS Kesehatan versi paling baru ini meliputi :

Terbaru, Layanan E Dabu BPJS Kesehatan Makin Bikin Mudah!

  • Dapat mengubah data atau profil peserta

Versi aplikasi edabu terbaru akan memungkinkan user mengubah data atau profil peserta yang telah terdaftar.

Seperti adanya penambahan anggota keluarga, adanya penambahan peserta BPJS, hingga mutasi peserta dengan syarat yang ada dapat dilakukan secara langsung. Penjelasannya ada di bawah ini.

Adanya pembaharuan dari platfrom e-dabu terbaru ini, adalah proses perubahan data kepesertaan tanpa perlu adanya approval dari pihak BPJS Kesehatan.

e dabu

Dengan dihilangkannya proses approval tersebut, diyakini akan mempercepat proses perubahan data ke dalam Masterfile Usernya. Data-data tersebut meliputi:

Terbaru, Layanan E Dabu BPJS Kesehatan Makin Bikin Mudah!

  • Penambahan pekerja baru yang sekalipun belum pernah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
  • Adanya penambahan anggota keluarga yang sudah terdaftar sesuai NIK.
  • Terdapat penggabungan anggota keluarga yang menjadi tanggungan dari pekerja penerima upah badan usaha (PPU BU), syaratnya NIK harus sama.
  • Perubahan proses mutasi peserta atau anggota keluarga.
  • Pendaftaran ulang peserta PPU BU yang non aktif.
  • Adanya perubahan gaji peserta dengan persyaratan gaji yang lebih besar sesuai dengan UMK nya.
  • Proses penonaktifan peserta PPU BU secara kolektif hingga adanya proses penonaktifan peserta karena PHK.
  • Memudahkan pendaftaran secara massal

Fitur yang dirasa paling banyak membantu pada versi edabu baru ini kepada pihak perusahaan atau badan usaha ialah proses pendaftaran peserta BPJS yang bisa dilakukan secara massal.

Pihak perusahaan hanya perlu menyiapkan data karyawan dalam format Excel dan secara otomatis data calon peserta BPJS Kesehatan tersebut didaftarkan.

  • Perubahan data yang memerlukan persetujuan/approval BPJS

Selain itu, terdapat tiga jenis perubahan yang tetap memerlukan persetujuan dari pihak BPJS Kesehatan untuk di proses

  • Kemudahan Perubahan Data dengan persetujuan dari BPJS Kesehatan

Di antaranya:

Terbaru, Layanan E Dabu BPJS Kesehatan Makin Bikin Mudah!

  • Adanya perubahan segmentasi peserta APBN kepada badan usaha.
  • Perubahan pada segmen peserta penerima APBD kepada badan usaha.
  • Adanya proses perubahan segmentasi pekerja penerima upah PN ke badan usaha.

Tentunya ini akan memudahkan bagi peserta dengan kondisi berpindah pekerjaan, atau yang lainnya.

Terbaru, Layanan E Dabu BPJS Kesehatan Makin Bikin Mudah!

  • Tagihan

Edabu baru ini akan memberikan kemudahan dalam memeriksa rincian iuran jaminan kesehatan nasional yang dibentuk oleh pemerintah.

Dengan adanya aplikasi ini, user dapat dengan mudahnya mengetahui dan juga mengunduh rincian tagihan iurannya masing-masing yang berjalan pada satu bulan sebelumnya.

  • Pengecekan NIK terbaru peserta

Lebih mudahnya dengan adanya pembaharuan, user dapat memeriksa jika seseorang yang sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS dengan hanya mencarinya menggunakan NIK yang sesuai atau KK Perorangan.

  • Adanya perubahan tampilan e-ID

e-ID di sini mengalami perubahan tampilan pencetakannya, menjadi Kartu Indonesia Sehat Digital.

Nah, itu dulu informasi tentang New E dabu, semoga membantu ya!