Suka Lari pagi? Ketahui 5 Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh

Olahraga lari pagi

Olahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho! Jika kamu tidak ingin melakukan olahraga berat, kamu bisa lakukan lari pagi secara rutin. Tidak sulit untuk melakukannya karena kamu hanya perlu menyisihkan waktu sekitar 150 menit selama seminggu atau 30 menit sehari selama lima hari.

Dengan mengikuti aturan waktu tersebut secara konsisten, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat lari pagi. Memang saat baru memulainya, rasa malas pasti akan menghantui kamu. Tapi, jika kamu sudah bertekad untuk melakukannya pasti bisa melakukannya dan mendapatkan manfaat dari lari pagi.

Olahraga lari pagi

Suka Lari pagi? Ketahui 5 Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh

Membuat Kamu Senang

Jika kamu sedang merasa tidak senang atau ada pikiran yang mengganggu, langsung saja ganti pakaian dan mulai berolahraga lari pagi. Menurut Journal Medicine & Science in Sports & Exercise, lari pagi mampu meningkatkan mood ketika seseorang sedang terserang depresi. Bahkan, lari pagi diklaim bisa menyembuhkan depresi. Hal ini terjadi karena ketika kamu melakukan lari pagi, tidur malam akan menjadi lebih lelap sehingga mampu memberikan mood yang lebih baik di keesokan harinya.

Bisa Mengecilkan Perut dan Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang mencari olahraga yang untuk membakar banyak kalori, olahraga lari pagi adalah pilihan yang tepat. Dengan banyaknya kalori yang terbakar, tubuh kamu dengan sendirinya akan menjaga berat badan untuk tidak naik secara drastis. Tapi perlu kamu ketahui, hal ini bisa bekerja apabila kamu melakukan lari pagi ini secara rutin dan konsisten. Selain itu, kamu juga haru mengimbangkannya dengan olahraga penguat otot agar hasilnya semakin maksimal.

Bikin Lutut Kamu Lebih Kuat

Manfaat lainnya dari olahraga lari pagi adalah bisa membuat lutut kamu menjadi lebih kuat. Umumnya, tulang manusia akan keropos dan sendi tidak lentur lagi karena bertambahnya usia. Kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mencegahnya dengan rutin lari pagi ketika umur kamu masih muda. Jadi, mulailah lari pagi agar ketika masa tua tiba kamu tetap memiliki tulang yang kuat serta badan yang bugar.

Baca Juga :  Teknik Dasar Bola Voli yang Patut Diketahui untuk Pemula

Bisa Menjauhkan Kamu dari Penyakit Kanker

Perlu kamu ketahui, olahraga kardio membuat kerja jantung menjadi lebih baik sebab jantung dapat memompa darah dan membuat oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Dengan memiliki jantung yang berkinerja baik, kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit mematikan, seperti serangan jantung, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Bahkan studi terbaru dalam Journal of Nutrition mengatakan lari pagi dapat menjauhkan seseorang dari penyakit kanker.

Mengatasi Susah Tidur

Kamu sedang stres, gelisah, cemas atau mungkin depresi? Pasti kamu juga akan mengalami gangguan sulit tidur. Saat ini memang banyak cara untuk mengatasi gangguan sulit tidur dan cara tercepat untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Namun, jika kamu mau cara yang alami, kamu bisa melakukan lari pagi karena lari akan melepaskan endorfin yang akan membuat seseorang lebih tenang. Manfaat inilah yang akan membantu kamu ketika sedang mengalami gangguan emosional. Kemudian, karena pagi harinya tubuh kamu sudah mengeluarkan banyak energi, pada malam harinya tubuh kamu akan meminta untuk istirahat.

Itulah beberapa manfaat dari lari pagi yang bisa kamu dapatkan. Tapi perlu kamu ingat, semua manfaat ini akan didapatkan ketika kamu melakukannya secara rutin dan teratur. Sebaiknya kamu juga jangan terlalu berlebihan dalam melakukan olahraga lari pagi karena bukan manfaat lagi yang akan kamu dapatkan.