Penyebab Kulkas Tidak Dingin

penyebab kulkas tidak dingin

Punya banyak bahan makanan adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan ibu-ibu sebelum mempersiapkan hidangan untuk keluarga tercintanya. Mulai dari sayuran, daging, maupun buah-buahan dan makanan ringan. Di manakah kebiasaan ibu-ibu itu dalam menyimpan semua bahan miliknya?

Jika bahan yang dimiliki merupakan bahan yang kering atau aman dari suhu lembab dan tahan lama, tidaklah masalah jika didiamkan di almari ataupun toples. Namun, jika bahan yang dimiliki adalah bahan yang tidak tahan dengan suhu lembab dan cepat membusuk biasanya disimpan dalam lemari es. Dengan tujuan, supaya tahan lama dan dapat digunakan kembali karena tidak membusuk. Atau lebih lama bertahan dari biasanya jika tidak dimasukkan dalam lemari es.

Akan tetapi, bagaimana jika lemari es yang Anda gunakan tidak berfungsi normal seperti biasanya? Seperti kehilangan fungsi utamanya sebagai pendingin, malah kehilangan fungsinya karena terjadi suatu hal yang menyebabkan kulkas tersebut menjadi tidak dingin. Hal ini menjadi salah satu masalah yang perlu diperhatikan karena membuat seorang pengguna lemari es menjadi resah dan mungkin bingung bagaimana cara mengatasinya. Tidaklah mungkin baru saja tahu ada masalah, langsung beranjak dan menggantinya dengan yang baru, bukan? Pastilah di cari tahu, selidiki, dan di perhatikan apa penyebabnya. Dengan demikian, pemilik lemari es dapat mengatasi maupun meminta bantuan ahli untuk memperbaiki. Karena tidak mungkin juga jika memperbaiki tanpa mengetahui penyebab kulkas tidak dingin tersebut.

Penyebab kulkas tidak dingin dapat diketahui karena beberapa faktor. Namun, ada juga yang seperti kehilangan fungsi tetapi hampir tidak ada tanda-tandanya. Seperti apa penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Karena, pengguna lemari es atau kulkas ini biasanya mengidentifikasi bahwa jika lampu menyala pastilah kulkas akan selalu dingin normal seperti biasanya. Jadi, apa pemicunya?

Baca Juga :  Speaker Aktif Polytron PAS 28, Gaungkan Musikmu!

Penyebab kulkas tidak dingin juga terkadang karena pengguna lupa menyetel suhu dingin dengan cukup. Tetapi lagi-lagi, jika hal tersebut telah dilaksanakan dengan baik tetapi kulkas tetap tidak berfungsi terutama dalam mendinginkan, apa tindakan Anda? Dan apa yang ada di pikiran Anda sebagai penyebab kulkas tidak dingin tersebut?

Mungkin rusak, atau mungkin konslet?

Para pemilik pasti mengandai-andai dan mengira apa penyebabnya. Jika semakin lama semakin kesal, tentu solusi yang akan diburu. Lagi-lagi, apa penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya.

Penyebab kulkas tidak dingin dapat dipicu karena beberapa hal seperti:

1.      Karet Pintu Bermasalah

Seperti yang kita ketahui bahwa pintu kulkas terdapat karet untuk menjaga dingin tetap stabil dari kondisi luar karena pintu kulkas akan tertutup dengan baik. Namun, apa yang akan terjadi bila karet kulkas tidak berfungsi dengan baik?

Pastilah pintu kulkas tidak akan tertutup dengan baik pula. Siapa sangka bahwa hal ini menjadi salah satu penyebab kulkas di rumah Anda menjadi tidak dingin.

Jadi, lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menutup pintu kulkas. Dan bila terjadi masalah dengan karet pintunya, baik mengendur atau pustus, gantilah karet tersebut sehingga kulkas berfungsi dengan semestinya. Karena pintu kulkas yang tidak tertutup rapat akan menyebabkan udara di dalam kulkas terkontaminasi dengan udara luar sehingga menyebabkan suhu mengalami penurunan.

2.      Ada Magic Com di Sebelah Kulkas

Siapa sangka bahwa hadirnya magic com yang mendampingi kulkas juga berpengaruh terhadap suhu dingin di dalam kulkas. Sebenarnya bukan hanya magic com saja, peralatan rumah tangga yang menghasilkan panas lainnya seperti kompor, oven, dan pembakar roti juga sebaiknya dijauhkan dari kulkas kesayangan Anda. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kulkas dari masalahnya dengan suhu dingin yang menjadi prioritasnya.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin

Jadi, jika ingin kulkas Anda tetap stabil, sebaiknya desain ruang Anda bersama peralatan rumah tangga dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti itu. Memisahkan kulkas dengan peralatan rumah tangga yang menghasilkan panas. Karena pertemuan keduanya akan membuat kulkas kurang dingin.

3.      Pengaturan Suhu

Pernahkah Anda mengeluh karena kulkas baru Anda tidak dingin atau kurang dingin? Sudahkah Anda mengatur suhunya? Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa lupa mengatur suhu juga menjadi salah satu penyebab kulkas menjadi kurang dingin. Apalagi, ketika kulkas itu adalah kulkas baru dan belu dilakukan pengaturan terhadap suhu untuk tetap maksimal.

Jadi, aturlah suhu kulkas Anda untuk membuat kulkas kurang dingin menjadi lebih dingin.

4.      Es Batu di Lubang Pendingin

Apakah Anda selalu rutin membersihkan bunga es yang menumpuk?

Jika kulkas Anda mengalami gangguan dengan suhu dinginnya, cobalah cek siapa tahu bunga es yang menumpuk menutupi lubang pendingin kulkas Anda. Karena jika hal ini terjadi, sangat jelas sekali akan mengakibatkan suhu dingin di kulkas akan menurun.

Apa yang harus dilakukan?

Cukuplah setel off kulkas dan biarkan bunga es mencair sehingga kulkas kembali bersih dari bunga es. Setelah itu setel on kembali kulkas Anda dan ketika lubang pendingin tidak lagi tertutup bunga es, maka suhu dingin di kulkas Anda akan kembali normal.

Penyebab kulkas tidak dingin juga dapat terjadi dalam kondisi lampu kulkas menyala. Seperti penyebab-penyebab yang tadi telah dibahas juga terkadang demikian. Sehingga, membuat pengguna risau dan bingung. Tetapi cobalah lakukan pengecekan ulang pada kulkas Anda. Siapa tahu mengalami gangguan seperti yang dibahas tadi.

penyebab kulkas tidak dingin

Beberapa penyebab kulkas tidak dingin memang ada yang dapat diatasi sendiri maupun orang lain sebagai ahlinya. Namun, alangkah baiknya jika mengetahui sendiri terlebih dahulu dan lebih lagi jika tahu cara memperbaikinya. Lebih hemat, dan menyingkat waktu dibanding mengantre banyak kulkas rusak di tempat-tempat service kulkas.

Baca Juga :  Kipas Angin AC Portable, Produk Pendingin Udara Kekinian