Pantai Pandawa: The Secret Beach di Tengah Glamournya Bali

Dengan segala keindahan alam yang eksotis serta wisata budayanya nan sakral, Bali, tidak bisa dipungkiri merupakan destinasi wisata paling populer di Indonesia. Dan alasan utama warga dunia selalu berbondong-bondong menyambangi sang pulau dewata ini adalah pesona pantainya yang menakjubkan. Nah, selain Pantai Kuta yang pasti sudah dikenal oleh banyak orang, Bali juga punya Pantai Pandawa yang menawarkan berbagai keindahan untuk memikat para wisatawan, seperti yang digambarkan di sini.

Pantai Pandawa sendiri masih belum menjadi wisata utama bagi sebagian orang karena lokasinya yang cukup jauh, yakni terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, atau sekitar 18 km dari bandara Internasional Ngurah Rai dan 27 km dari Denpasar. Sebenarnya dengan berkendara motor atau mobil, pantai ini bisa ditempuh hanya dengan sekitar 1 jam perjalanan. Sebagai bentuk sumbangsih kita, tiket domestik dijual seharga Rp 8.000,- saja, sedangkan untuk wisatawan mancanegara diwajibkan membayar sebesar Rp 15.000,-. Sedangkan untuk parkir cukup dengan Rp 5.000,-/mobil atau Rp 2.000,-/motor. Murah!

Lokasinya tersembunyi rapi, dan seakan menerjang bebatuan ketika menuju pantai tersebut  karena memang jalan utamanya diapit oleh dua buah dinding batu alami yang berukuran cukup tinggi. Dahulu, sebelum menjadi populer seperti saat ini gara-gara banyaknya FTV Indonesia yang menggunakan pantai ini sebagai lokasi shooting, Pantai Pandawa dikenal dengan sebutan The Secret Beach.

Lalu, keseruan apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa ini?

  1. Berenang dan bermain air dengan leluasa

Sebenarnya yang menjadikan Pantai Pandawa tidak begitu populer untuk wisatawan asing adalah ombaknya yang relatif tenang. Karena rata-rata wisatawan berkunjung untuk surfing, mereka lebih tertarik dengan pantai berombak liar. Namun kondisi ini juga bisa jadi nilai positif untuk para wisatawan yang memang datang ke pantai tidak untuk berselancar. Dengan air laut nan jernih, bersihnya pasir putih, serta ombak yang bersahabat, pantai ini tergolong aman untuk dijajaki bahkan untuk para pemula.

  1. Berkeliling pantai dengan kano

Salah satu yang menjadi keistimewaan pantai berair jernih dengan ombak damai, adalah kemungkinan untuk mengoperasikan kano. Hal ini yang dimanfaatkan oleh manajemen secara optimal, dengan menyediakan penyewaan kano yang juga dilengkapi dengan jaket pelampung. Dengan ini, kamu bisa mengelilingi birunya lautan Pandawa sepuasnya bersama teman atau kekasih tercinta,

  1. Paragliding

Meskipun berombak tenang, salah satu kegiatan memicu adrenalin yang bisa dinikmati di pantai ini adalah bermain Paragliding. Dengan adanya tebing dan dukungan hembusan angin yang sejuk, kegiatan ini adalah highlight untuk para wisatawan di Pantai Pandawa. Namun untuk menggunakan fasilitas ini, kamu harus menyiapkan dana mulai dari Rp 400.000,- per orang sekali jalan. Lumayan mahal sih, tapi ingat, ini Bali. Enggak setiap hari kan Paragliding di sini?

  1. Bersantai di Pinggir Pantai

Kawasan pantai dengan air lautnya yang biru dan pasirnya yang benar-benar bersih, berhasil dioptimalkan oleh manajemen Pantai Pandawa dengan menghadirkan dekorasi dan kelengkapan wisata kuliner yang menghiasi sepanjang bibir pantai secara sempurna. Jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga tidak mengganggu pemandangan. Harga es kelapa mudanya saja Cuma Rp 20.000 per buah! Sangat murah untuk kawasan wisata. Oh iya, agar lebih sempurna, kamu juga bisa menyewa payung dan kursi untuk berjemur yang dihargai Rp 50.000,- untuk 3 jam penggunaan

Baca Juga :  Sholat Idul Fitri saat Pandemi?

Itulah beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Pandawa Bali. Sebenarnya, masih ada aktivitas lain seperti pijat refleksi, mengamati budidaya terumbu karang, atau berfoto ria dengan 5 buah patung Pandawa berukuran raksasa yang siap menjaga pantai ini. Namun, sepertinya bakal lebih seru jika kamu sendiri yang merasakannya. Jadi, selamat berlibur!