Ini Sebab Kompresor Kulkas Panas

kompresor kulkas panas

Dalam artikel kali ini, kita akan mencoba membahas mengenai dunia teknologi. Terutama masalah teknologi kulkas. Kompresor adalah salah satu komponen yang ada pada kulkas. Saat kulkas menyala, kompresor akan panas. Namun jika panasnya kompresor dirasa terlalu berlebihan, maka ada yang tidak beres pada kulkas. Di dalam kompresor ada sebuah alat yang bernama overload. Jika kompresor kulkas panas secara otomatis kulkas akan mati karena aliran akan diputus aliran listriknya.

Jadi, apa fungsi dari kompresor ini? Kompresor bisa juga disebut pompa. Pompa agar gas freon bisa menyebar ke seluruh sistem perpipaan di dalam kulkas. Menyirkulasi gas freon ke pipa kondensor melalui pipa discharge dengan panas dan tekanan yang tinggi.

Sebenarnya, apa saja penyebab kompresor kulkas panas? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kompresor kulkas panas. Antara lain :

1.       Tidak Bekerjanya Relay Kompresor

Saat sebuah alat yang bernama relay tidak bekerja, maka kompresor akan menahan. Karena relay inilah yang menggerakkan kompresor. Saat kompresor menahan dan sulit bekerja, maka kompresor akan mengeluarkan panas yang berlebih.

2.       Lemahnya Kompresor

Panas yang berlebihan pada kompresor bisa juga disebabkan karena lemahnya laju kompresor. Karena melemah inilah menyebabkan kompresor tiba-tiba panas. Untuk mengetahuinya harus dilakukan cek ampere. Jika ampere terlalu tinggi, maka sudah jelas bisa menjadi penyebab kompresor kulkas panas.

3.       Sirkulasi Freon Tersumbat

Tersumbatnya sirkulasi freon bisa menjadi salah satu penyebab kompresor kulkas panas. Karena kompresor akan bekerja lebih keras. Jika hal ini terus dibiarkan, maka kerusakan kompresor akan semakin banyak. Jadi, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4.       Keringnya Oli Kompresor

Oli adalah komponen penting bagi kompresor. Karena berfungsi sebagai pelumas. Jika pelumas kering atau habis, maka kompresor akan bekerja lebih keras sehingga menghasilkan panas yang berlebih.

Baca Juga :  Cara Pasang Kompor Tanam Tanpa Panik dan Ribet!

Apakah kompresor yang rusak bisa diperbaiki atau beli baru? Jika ini pertanyaannya, alangkah baiknya beli baru. Karena sekecil apapun kerusakan, pasti akan mempengaruhi umur awetnya kulkas. Tapi jangan hawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kompresor kulkas yang rusak. Berikut ini ada beberapa cara memperbaiki kompresor kulkas panas dan tidak bergetar :

1.       Buanglah oli yang ada dalam kompresor

2.       Setelah itu, kita bisa memperbaiki bagian dalam. Dengan cara membelah kompresor melingkar dibawah bekas las dari produsennya. Tapi jangan terlalu dalam. Hanya sebatas membelas bekas lasnya saja. Pakailah gergaji besi untuk mempermudah membelah. Penampakan kompresor yang telah dibelah :

3.       Lalu tuangkan oli di atas as dan piston pelan-pelan sambil ketuk pelan-pelan pada bagian yang ada tanda anak panah hingga bisa bergerak dan lancar berputar.

4.       Langkah selanjutnya, putarlah dengan tangan. Jika sudah lancar berputar, cobalah menghidupkan kembali kompresor. Ukur juga tekanan kompresor dan ampere. Jika kondisinya bagus, tutup kembali kompresor dengan cara dilas.

Baca juga: Kulkas Polytron 1 Pintu

5.       Selain cara di atas, kompresor kulkas rusak atau macet bisa diatasi dengan membalik arah putaran motor atau dengan menambah capasitor running atau starting. Cara ini juga tidak menjamin. Hanya bila beruntung bisa mengembalikan putaran kompresor.

kompresor kulkas panas

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kompresor kulkas rusak. Cara-cara di atas memang tidak menjamin bisa memperbaiki sepenuhnya. Tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba. Jika memang tidak bisa mengubah situasi, sebaiknya bertanyalah pada ahlinya. Atau mengganti kompresor baru.