Cara Pasang Kompor Tanam Tanpa Panik dan Ribet!

cara pasang kompor tanam

Kompor gas tanam, kedengarannya saja sudah menakutkan. Apalagi dengan cara memasangnya yang sering kali membuat orang yang pertama kali menggunakannya terlihat panik, khususnya wanita. Kebanyakan para wanita hanyalah mengetahui cara mengenakannya tanpa tahu cara memasangnya. Tapi ternyata aslinya tidak semenakutkan hal hal yang dibayangkan. Cara pasang kompor tanam akan kami bahas pada artikel berikut ini.

cara pasang kompor tanam

Kompor tanam sendiri baru baru saja terkenal di beberapa tahun terakhir ini. Seperti yang kita ketahui bahwa sejarah kompor pun zaman dahulu hanyalah berupa tungku, lalu mulai dibuat dengan kompor minyak, hingga adanya kompor gas. Hingga pada saat ini sudah ada teknologi kompor listrik hingga kompor tanam ini.

Kompor tanam sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu kompor tanam listrik dan juga kompor tanam gas. Untuk keduanya memang membutuhkan pemasangan yang tak begitu mudah kecuali dipasangkan dengan ahlinya.

Namun, biasanya bila ingin langsung dipasangkan oleh sales yang menjual kompor tersebut, biaya akan membengkak. Yang mana biaya tersebut dapat disimpan untuk kebutuhan lainnya, khususnya bagi pengantin baru yang memulai hidup di rumah yang terpisah dengan orangtua.

Sebetulnya cara pemasangannya tidak terlalu sulit bila mengikuti panduan yang ada, berhubung peralatan serta harga kompor yang tidak juga bisa dibilang murah, kita perlu berhati hati saat memasangnya.

Berikut langkah dan cara pasang kompor tanam gas akan kami berikan, simak dengan baik ya!

Cara Pasang Kompor Tanam Tanpa Panik dan Ribet!

  1. Langkah yang pertama

Bila saja sebelumnya telah memiliki kompor gas biasa, maka hal yang lebih dahulu dilakukan adalah menyediakan sarana tanamnya. Ini biasanya menyatu dengan kitchen set ataupun alas tatakan kompor yang sudah dimodifikasi.

  1. Langkah yang kedua

Memastikan pula bahwa di dapur Anda memiliki aliran gas. Kompor gas tanam membutuhkan aliran gas untuk menyalakan tungku. Jika tidak memiliki aliran gas, tentunya akan berbahaya bagi seisi rumah, baik terhirup gas maupun memudahkan terjadinya ledakan.

  1. Langkah yang ketiga

Memastikan adanya ruangan yang cukup pada ruang dapur, terutama ruangan sebagai tempat tabung gas dan alirannya. Idealnya kompor dipasang pada ketinggian 75 cm hingga 90 cm tergantung pada sisi ergonomis tinggi badan orang orang yang terlibat di dalamnya agar terasa lebih nyaman.

Baca Juga :  Penyebab Kulkas Tidak Dingin

cara pasang kompor tanam

  1. Langkah yang keempat

Pasang seperangkat kompor gas tanam. Dengan terlebih dahulu mengatur lubang pada meja agar ukurannya lebih pas untuk pemasangan kompor baru. Pasang spring clip atau klip pegas yang disediakan. Lalu turunkan kompor pada wadahnya.

  1. Langkah yang kelima

Sambungkan kabel dari kompor menuju sumber listrik, hal ini juga termasuk pada pemasangan exhaust kompor gas tanam. Setelah itu pasangkan bagian bagian dari kompor seutuhnya. Anda bisa mengikuti metode manual masing masing merek dari kompor gas tanam.

  1. Langkah yang keenam

Terdapat katup pada bagian diantara kompor dengan aliran gas, periksalah dengan baik bahwa aliran juga tersambung pada regulator tabungnya. Tes apakah kompor dapat menyala dengan baik. Bila tidak menyala ulangi kembali metode manual pemasangan gas.

Selain itu, hal yang perlu diingat, jangan segan untuk meminta bantuan orang lain saat mengangkat kompor gas tanam, ini demi menghindari tidak adanya kerusakan pada kompor dan juga tempatnya. Pastikan kompor gas tanam yang Anda pilih sudah memenuhi kriteria dan keinginan Anda, agar rasa menyesal tidak akan muncul di kemudian hari mengingat pemasangannya yang tidak terlalu mudah.

Itulah cara pasang kompor tanam yang bisa dibagikan. Selamat mencoba!