Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin

cara memperbaiki kulkas tidak dingin

Kulkas tidak dingin? Hm tentu saja hal ini akan menjadi masalah. Apalagi jika kamu menyimpan banyak sayuran maupun bahan makanan di dalam kulkas. Ada banyak cara untuk mengetahui penyebab kulkas kamu tidak dingin. Salah satuna dengan mengecek seluruh komponen kulkas, apakah masih baik atau harus ada yang ganti. Setelah ditelusuri, biasanya kerusakan yang terjadi di kulkas ditandai dengan adanya suara mesin kulkas yang berdengung keras, evaporator bocor karena tertusuk benda tajam, atau kulkas secara tiba-tiba tidak dingin.

Kulkas sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu satu pintu dan dua pintu. Pada artikel ini akan membahas jika masalah yang terjadi adalah kulkas yang tiba-tiba tidak dingin dengan jenis dua pintu. Kamu bisa simak cara memperbaiki kulkas tidak dingin di bawah ini

1.      Pastikan kabel dan stop kontak tidak rusak

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin yang pertama adalah kamu harus memastikan bahwa kabel dan stop kontak yang kamu gunakan untuk menyambungkan arus listrik tidak terjadi masalah. Kelihatannya memang sepele, namun jika ternyata kabel terkelupas maka tidak bisa menyambungkan arus listrik ke kulkas. Hal ini tentu saja akan menjadikan kulkas tidak dingin.

Jika memang kerusakan terjadi pada kabel atau stop kontak, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengganti kabel maupun stopkontak tersebut.

2.      Cek mesin/kompresor

Bagian mesin/kompresor ini biasanya terletak di belakang badan kulkas. Kamu bisa mengecek keadaan mesinnya apakah dalam keadaan hidup atau mati. Mesin dalam keadaan hidup akan mengeluarkan suara dan getar, sedangkan jika mesin tidak mengeluarkan suara maupun getar berarti kerusakan terjadi pada kompresor.

Saat mengecek keadaan mesin, kamu juga memerlukan tang ampere untuk mengecek posisi mesin. Pastikan berada diambang 0.5 ampere. Jika lebih dari 0.5 maka biasanya kompresor sudah tidak normal atau ada yang macet, sedangkan jika posisinya berada kurang dari 0.5 ampere maka bisa dipastikan kompresor sudah lemah. Hal ini biasanya dibarengi dengan kebocoran evaporator yang mengakibatkan freon terbuang sehingga posisi ampere kurang dari 0.5 ampere.

Baca Juga :  Kipas Angin AC Portable, Produk Pendingin Udara Kekinian

Hal yang harus kamu lakukan jika terjadi kerusakan pada evaporator adalah segera menambal bagian yang bocor, namun jika kerusakan sudah terjadi pada bagian mesin maka kamu harus segera mengganti mesin kulkas kamu.

3.      Pastikan timer dalam keadaan normal

Timer otomatis hanya terdapat pada kulkas 2 pintu. Timer ini berfungsi untuk mengukur waktu kapan mesin kompresor, fius, panas (defrost), dan fius dingin akan bekerja dan kapan semua alat tersebut akan berhenti standby atau bahasa awamnya istirahat secara bergantian. Jika timer rusak, tentu saja kompresor, fius, defrost, dan fius dingin akan mengalami masalah sehingga kulkas kamu tidak bisa dingin.

4.      Cek Kipas FAN

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin selanjutnya adalah kamu harus mengecek keadaan kipas FAN. Kipas FAN pada kulkas 2 pintu terletak pada bagian freezer atau di bagian dekat kompresor. Fungsi kipas FAN cukup penting, yaitu menyalurkan hawa dingin menyebar ke dalam ruangan kulkas. Jika kipas FAN rusak, maka hawa dingin di dalam evaporator tidak akan disebarkan sehingga frezer akan mengalami ngeblok menjadi es semuanya.

Bersihkan kipas FAN jika memang dalam keadaan kotor, namun jika ternyata FAN sudah tidak dapat berputar sama sekali maka solusinya adalah kamu harus menggantinya.

5.      Cek bagian fuse/heater

Fuse ini letaknya pada bagian freezer. Fungsi dari fuse adalah untuk mencairkan bunga es sehingga bunga es tidak akan ngeblok di bagian freezer saja. Jika fuse rusak ataupun heaternya putus, maka kamu perlu menggantinya untuk mengembalikan fungsi kulkas.

cara memperbaiki kulkas tidak dingin

Itulah beberapa cara memperbaiki kulkas 2 pintu kamu. Cara ini biasanya digunakan untuk memperbaiki kulas LG 2 pintu yang tidak dingin, namun kamu bisa juga coba untuk kulkas 2 pintu yang lain. Semoga bermanfaat ya…

Baca Juga :  Penyebab Kulkas Tidak Dingin