11 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu!

manfaat kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah populer di Indonesia, manfaat kunyit sendiri sudah dikenal sejak dulu. Di Indonesia, kunyit umumnya dimanfaatkan  sebagai bahan bumbu masakan, pewarna alami makanan, dan pengawet. Di samping manfaatnya sebagai bahan untuk mengolah makanan, kunyit ternyata telah terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kunyit mengandung senyawa metabolit sekunder aktif yang dikenal dengan kurkumin yang menyebabkan warna kuning pada kunyit. Kurkumin merupakan kelompok senyawa polifenol yang memiliki sifat antitumor, antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan sebagainya. Berikut merupakan 11 manfaat kunyit bagi kesehatan yang wajib Anda tahu!

11 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu!

Menjaga daya tahan tubuh

manfaat kunyit

Kurkumin dalam kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang dipercaya mampu mengatasi stres oksidatif dan menangkap radikal bebas di dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh akan terjaga.

Mengatasi nyeri sendi

Kurkumin di dalam kunyit memiliki aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Aktivitas antiinflamasi dan antioksidan pada kurkumin dapat meringankan radang pada sendi jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Konsumsi  500-1000 mg kurkumin  diketahui dapat menyembuhkan nyeri sendi  dengan membuat sendi lebih lentur dan mengurangi pembengkakkan. Kurkumin juga dapat mencegah pengeroposan tulang dan memacu regenerasi kartilage. Kurkumin juga dapat meningkatkan kinerja obat nyeri sendi lainnya. Yang tak kalah penting, penggunaan kurkumin untuk terapi nyeri sendi dapat mengurangi efek samping obat-obatan.

Meredakan dismenorea (nyeri haid)

Kunyit diketahui dapat meredakan nyeri haid dengan aktivitas antiinflamasi pada kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin juga dapat merelaksasi otot-otot pada rahim sehingga mengurangi kram saat haid.

Mencegah penyakit jantung

Penelitian telah membuktikan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kesehatan membran pada jantung dan pembuluh darah. Membran pada jantung tersebut berfungsi sebagai pengatur tekanan darah sehingga menurunnya fungsi membran tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

Baca Juga :  20 Meme Puasa Pilihan

Mencegah dan mengobati kanker

Kurkumin di dalam kunyit memiliki aktivitas antioksidan yang dapat mengatasi stres oksidatif di dalam tubuh sehingga kekebalan tubuh dapat meningkat. Kurkumin juga dapat secara selektif menyerang sel-sel kanker dan mencegah muncul dan berkembangnya sel-sel kanker yang baru.

Mencegah dan mengobati Alzheimer

Alzheimer disebabkan oleh adanya penimbunan plak pada otak yang disebabkan oleh peradangan dan kerusakan oksidatif.  Peradangan dapat diatasi dengan aktivitas antiinflamasi dan kerusakan oksidatif dapat diatasi oleh adanya aktivitas antioksidan kurkumin pada kunyit. Kurkumin juga memiliki kemampuan untuk membersihkan plak yang tertimbun di dalam otak.

Antidepresan

Kurkumin pada kunyit dapat menyeimbangkan nerotransmitter di otak.  Kurkumin juga memacu produksi hormon serotonin dan dopamin yang memiliki sifat antidepresan.

Mengobati luka dan penyakit kulit lainnya

Aktivitas antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri pada kunyit dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri.  Kunyit juga dapat meningkatkan pembentukan kolagen sehingga jaringan kulit yang rusak akan segera tergantikan.

Mengencerkan darah

Kurkumin pada kunyit dapat menjadi zat antikoagula atau anti penggumpalan pada darah. Penggumpalan darah dapat berakibat fatal bagi kesehatan tumbuh karena dapat menyumbat pembuluh darah yang berakhir pada gangguan jantung, stroke, dan sebagainya.

Detoksifikasi tubuh

Proses detoksifikasi merupakan proses tubuh menghilangkan atau mengeluarkan racun dan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Di dalam tubuh, hati merupakan organ yang berperan dalam proses detoksifikasi tersebut. Kunyit telah terbukti dapat mencegah kerusakan organ hati, meningkatkan produksi empedu dan membantu kerja hati menghilangkan racun dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan hati dengan cara mengonsumsi kunyit.

Cara Membuat minuman kunyit

manfaat kunyit

  • Didihkan 800ml air;
  • Tambahkan 2 sdt kunyit bubuk atau kunyit parut
  • Rebus selama kurang lebih 15 menit agar zat kurkumin dalam kunyit dapat terekstrak secara sempurna
  • Saring dan minuman kunyit siap dikonsumsi
  • Lebih nikmat dikonsumsi saat hangat
  • Anda dapat mencampurkan madu, asam jawa, lemon atau jahe untuk meningkatkan cita rasa minuman kunyit tersebut
Baca Juga :  Penyakit Ini Bisa Diredakan dengan Kunyit Putih

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan. Kunyit juga merupakan kandidat kuat untuk menjadi obat penyakit Covid-19 karena kurkumin dipercaya memiliki aktivitas antivirus. Namun, penelitian masih terus dilanjutkan.