Teknik Dasar Bola Voli yang Patut Diketahui untuk Pemula

teknik dasar permainan bola voli

Bagi kita semua yang sedang hiruk-pikuk dengan perhelatan SEA Games ke-30 di Filipina, mungkin sangat memerhatikan beberapa cabang yang sangat populer layaknya sepakbola ataupun bulu tangkis. Namun, untuk para pendukung pelatnas garuda di ajang tersebut, kita tidak boleh lupa pada salah satu cabang yang cukup menarik karena telah memutus puasa medali emas, khususnya di cabang putra, yakni voli.

Cabang olahraga voli ini memang sering menjadi anak tiri ketika ajang olahraga menjadi media tontonan di layar kaca. Namun, sebenarnya, olahraga ini adalah olahraga yang cukup menarik dan digemari oleh banyak pihak. Buktinya, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) mengadakan salah satu liga voli termashyur yang diikuti oleh banyak atlet mancanegara.

Jika kamu merupakan salah satu kaum belia yang tertarik dengan bola voli dan ingin menguasai atau bahkan menjadi ahli pada cabang olahraga bola voli, setidaknya kamu perlu menguasai teknik dasar bola voli. Teknik dasar bola voli ini adalah teknik yang paling sederhana dan wajib dikuasai jika ingin menjadi pemain bola voli, atau sekadar bisa bermain bola voli.

Berikut Teknik Dasar Bola Voli

1. Service

Service pada permainan bola voli merupakan salah satu gerakan dasar dan awal pemulai jalannya pertandingan. Gerakan pada teknik ini, yakni melakukan pukulan dari daerah garis belakang lapangan permainan pada bola hingga bola melambung melalui net dan mendarat di daerah permainan lawan. Service sendiri merupakan gerakan yang cukup mudah. Bentuk dari gerakan ini terbagi menjadi 4 teknik.

service teknik dasar bola voli

Pertama adalah service bawah. Teknik ini adalah teknik memukul bola dengan mengayunkan tangan dari arah bawah badan hingga mengenai bola dan melambung tinggi ke atas daerah lawan. Kedua adalah teknik service mengapung. Teknik ini dilakukan dengan memukul bola yang diacungkan ke atas melalui salah satu sisi tangan hingga bola melaju melalui net ke daerah lawan. Ketiga adalah teknik Overhand around. Teknik ini biasanya dikuasai oleh profesional. Teknik ini dilakukan dengan melambungkan bola ke atas hingga bola dipukul ketika turun ke atas kepala.

Baca Juga :  Suka Lari pagi? Ketahui 5 Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh

Terakhir adalah teknik jumping service. Teknik ini adalah yang paling sulit. Pada mulanya teknik ini dilakukan hampir sama dengan overhand. Hanya saja, sebelum bola yang dilambungkan turun, pemain terlebih dahulu melompat dan memukul bola ketika melakukan lompatan.

2. Passing

Gerakan passing pada permainan bola voli adalah gerakan yang paling penting. Gerakan ini dilakukan sebagai langkah untuk menerima bola yang disservice atau dismash oleh tim lawan.

Terdapat dua gerakan dasar passing, yakni passing bawah dan passing atas. Passing bawah biasanya dilakukan dengan mengepalkan satu atau dua tangan untuk menerima bola yang melambung dari area lawan. Passing bawah kemudian akan menjadi penggerak bola untuk rekan melakukan variasi pukulan lainnya ke arah daerah lawan.

Kedua adalah passing atas. Gerakan ini biasanya dilakukan sebagai gerakan pengumpan untuk melakukan smash ke area lawan.

3. Blocking

Gerakan blocking adalah gerakan yang hanya digunakan untuk menahan dan mencegah serangan lawan, khususnya smash. Biasanya gerakan ini dilakukan oleh pemain yang memiliki lompatan dan postur yang cukup tinggi sehingga tangannya dapat melakukan blocking pada bola yang di-smash lawan.

blocking teknik dasar bola voli

4. Smash

Smash merupakan gerakan serangan yang dilakukan dengan cara memukul keras bola yang dipassing oleh rekan ke area lawan. Teknik ini memerhatikan posisi tangan yang baik dalam memukul. Semakin besar kemiringan tangan ke area lawan, semakin kuat dan tajam menukik ke area lawan. Berlaku sebaliknya, jika kemiringan kurang, pukulan akan cenderung lemah dan melambung,

Nah itu tadi beberapa teknik dasar yang harus dikuasai pada permainan bola voli. Jika kamu ingin benar-benar menjadi seorang profesional, atau kamu bercita-cita suatu saat mengharumkan nama Indonesia melalui cabang olahraga bola voli, kamu mulai saat ini harus tekun dan dapat menguasai teknik dasar bola voli tersebut ya.

Baca Juga :  5 Cara Memilih Sepatu Futsal Pria Kekinian