Penyakit Ini Bisa Diredakan dengan Kunyit Putih

kunyit putih

Pemakaian tanaman herbal sebagai obat untuk berbagai penyakit sudah dilakukan sejak lama. Salah satu tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan adalah kunyit putih. Manfaat kunyit putih sudah tidak diragukan lagi untuk mengobati macam-macam penyakit dari mulai sakit ringan sampai sakit yang serius. Tanaman asli Indonesia ini sangat mudah ditemukan. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa penyakit di bawah ini, Anda bisa mencoba menggunakan kunyit putih sebagai obatnya. Manfaat lain dari kunyit putih, bisa Anda cek di sini.

Penyakit Ini Bisa Diredakan dengan Kunyit Putih

kunyit putih

Jerawat

Jerawat memang tidak bisa dibilang sebagai penyakit, tetapi keberadaannya sudah pasti sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Baik perempuan maupun laki-laki, sama-sama tidak suka jika wajahnya berjerawat. Beberapa orang bahkan menjadi pejuang jerawat selama bertahun-tahun. Sudah mencoba berbagai cara dan pengobatan, tetapi tetap saja jerawat itu tidak mau pergi.

Jika Anda juga mengalami hal ini, tidak ada salahnya Anda mencoba kunyit putih. efek anti-inflamasi dari kunyit putih bermanfaat untuk mengobati peradangan jerawat di wajah. Anda bisa menggunakan kunyit putih sebagai masker. Masker alami dari kunyit putih ini bisa membantu mengatasi jerawat asal telaten dan sabar. Memang pengobatan dari bahan alami tidak bisa langsung mendapatkan hasil yang instan. Namun, pengobatan herbal ini jelas lebih aman dan tidak perlu biaya yang mahal.

Keputihan

Keputihan sangat mengganggu semua perempuan karena menimbulkan ketidaknyamanan. Dalam jangka panjang, keputihan yang berlebihan akan menimbulkan masalah yang lebih serius. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba minum air perasan kunyit putih setiap hari. Keuntungan menggunakan kunyit putih tentu saja lebih murah dan tanpa efek samping.  Kunyit putih mengandung antibakteri dan antijamur yang bisa melawan penyebab keputihan.

Baca Juga :  11 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu!

Nyeri Haid

Saat masa haid, banyak perempuan yang mengalami keluhan nyeri dan tidak nyaman. Anda yang merasakan sakit saat haid bisa mencoba rutin minum kunyit putih. Kandungan dalam kunyit putih dapat melemaskan Rahim yang berkontraksi sehingga membuat lebih nyaman. Pengobatan alami dengan kunyit putih jauh lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang dijual di toko.

Racun Ular

Kandungan dalam kunyit putih juga memiliki efek antitoksin. Sejak zaman dahulu, masyarakat sudah terbiasa menggunakan kunyit putih sebagai penawar racun akibat gigitan ular berbisa. Kunyit putih bisa digunakan pertolongan pertama saat digigit ular. Ekstrak kunyit putih dapat menghambat bisa ular agar tidak menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Selain itu, pendarahan akibat gigitan ular juga bisa ditekan dengan menggunakan kunyit putih.

Masalah Pernapasan

Cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk sering mengganggu sistem pernafasan. Cairan yang menyumbat hidung sehingga bisa menyebabkan sulit bernapas, pilek, asma, dan batuk. Kunyit putih bermanfaat untuk masalah-masalah pernapasan seperti ini. kandungan pada kunyit putih juga bisa mencegah asma kambuh. Karena memiliki efek anti-inflamasi, kunyit putih dipakai agar paru-paru pada pasien asma terlindungi dengan menekan mediator inflamasi dalam terapi jangka pendek.

Diabetes

Bagi penderita diabetes, kunyit putih juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Kandungan kunyit putih dapat menekan risiko komplikasi diabetes. Anda bisa mengonsumsi kunyit putih sebagai salah satu terapi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Masalah Pencernaan

Manfaat kunyit putih untuk mengobati masalah pencernaan tidak diragukan lagi. Minyak esensial yang ada dalam kunyit putih sangat bermanfaat untuk mengobati masalah pencernaan, seperti maag, kembung, sembelit, cacingan, sulit buang air besar, serta masalah lambung dan pencernaan lainnya. Kunyit putih juga bisa meredakan peradangan usus (colitis ulserativa) yang dipicu oleh stres. Dengan minum rebusan kunyit putih sehari tiga kali sebelum makan, masalah pencernaan Anda akan membaik.

Baca Juga :  20 Meme Puasa Pilihan