Flu Saat Hamil? Berikut Obat Flu yang Aman Bagi Ibu Hamil!

obat flu 1

Bagi ibu hamil, tak sembarangan obat bisa dikonsumsi. Begitu pula dengan obat flu. Ya, dalam menangani flu saat hamil, biasanya dokter akan menyarankan pengobatan alami seperti banyak minum air putih, banyak beristirahat dan makan permen pelega tenggorokan. Namun bila ternyata flu semakin parah, baru dokter akan meresepkan obat flu untuk ibu hamil yang tentunya aman untuk janin dalam kandungan.

Mengonsumsi obat flu saat masa-masa kehamilan muda yakni 12 minggu pertama sebenarnya tidak disarankan. Hal ini dikarenakan di masa-masa tersebut tengah terbentuk organ vital bayi, sehingga dikhawatirkan penggunaan obat akan berpengaruh pada proses pembentukan maupun kualitasnya.

Namun, ada beberapa dokter yang menyarankan beberapa jenis obat tertentu untuk mengobati flu. Dan pastinya obat tersebut untuk dikonsumsi di usia kehamilan selepas 12 minggu ya. Nah untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa jenis obat flu yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil!

  • Paracetamol

Obat ibu hamil pertama yang bisa dikonsumsi sesuai anjuran dokter adalah paracetamol. Jenis obat ini biasanya dianjurkan untuk ibu hamil yang mengalami flu disertai dengan demam dan gejala penyerta lainnya. Gejala penyerta tersebut di antaranya adalah sakit kepala, nyeri dan pegal-pegal.

obat flu 1

Untuk dosisnya sendiri, tentu dokter akan sangat membatasi dan mempertimbangkan dengan sangat matang karena menyangkut janin yang sedang ada di perut.

  • Oseltamivir

Obat flu untuk ibu hamil berikutnya adalah oseltamivir. Jenis obat ini diperuntukkan bagi ibu hamil yang punya riwayat pneumonia. Ya, selain meredakan flu yang menyumbat hidung, obat yang berbentuk oral ini juga akan mencegah terjadinya reaksi berlebih hingga mencegah pneumonia.

Karena sifatnya yang cukup kuat, obat jenis ini biasanya harus dikonsumsi lama dalam beberapa minggu hingga gejala flu yang mengarah ke pneumonia ini hilang. Dan karena gejala flu untuk jenis ini bisa kambuh sewaktu-waktu, maka dibutuhkan suplemen lain dari dokter sehingga hal tersebut bisa diantisipasi secepat mungkin.

  • Dextromethorphan

Jenis obat kedua yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah dextromethorphan. Obat batuk pilek untuk ibu hamil satu ini merupakan jenis obat yang mengandung guaifenesin atau antivirus. Dengan efek samping yang tidak berlebihan, jenis obat ini aman dikonsumsi untuk ibu hamil selama sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Penyebab jerawat yang harus segera Anda atasi

Dalam penggunaannya, jenis obat ini punya catatan tertentu seperti gejala flu karena alergi dan lain sebagainya. Selain itu, obat ini hanya efektif diminum dalam kurun waktu 48 jam saja setelah gejala flu muncul. Hal ini dikarenakan virus penyerta mengalami perkembangan saat 2 hari pertama.

obat flu

Demikianlah beberapa jenis obat flu untuk ibu hamil yang bisa diketahui bersama. Selain mengonsumsi obat, pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan di sini juga sangat berperan dalam menyembuhkan flu dan mencegahnya datang kembali.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa meletakkan pelembab udara di dalam ruangan dan mandi air hangat saat gejala flu awal datang. Adapun untuk meringankan sakit tenggorokan, kamu bisa berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam.

Selain faktor lingkungan, asupan-asupan bergizi seperti sup ayam, sayur dan buah, juga diyakini dapat membantu menyembuhkan flu dan mencegahnya datang. Dan tentu saja jika memang flu berlanjut dan semakin parah, maka peran dokter di sini sangat dibutuhkan untuk kesembuhan ibu dan janin yang ada di dalam perut ya!