5 Macam Bunga Hias yang Bisa Kamu Tanam di Rumah

macam macam bunga hias

macam macam bunga hias

Siapa yang tidak suka dengan bunga hias? Bunga hias merupakan salah satu jenis tanaman hias yang bisa memberikan kesan dekoratif atau dapat mempercantik rumah. Bunga hias bisa kamu letakan di indoor ataupun outdoor rumahmu. Bunga hias memiliki jenis yang sangat banyak sekali, setiap jenisnya tentu saja memiliki cara yang berbeda-beda dalam merawatnya. Namun meskipun banyak, kamu perlu mengetahui macam-macam bunga hias yang cocok ditanam di lingkungan rumahmu.

1. Lily

Lily | macam macam bunga hias
Lily | macam macam bunga hias

Lily (Spathiphyllum) merupakan salah satu dari macam-macam tanaman bunga hias yang menjadi primadona di masyarakat Indonesia. Bunga ini memiliki daun yang sangat unik dengan ciri khas tersendiri yaitu pada warna hijau tuanya. Untuk ukuran daunnya, memiliki panjang 12-65 cm dan lebar 3-25 cm. Sedangkan untuk bunganya lily berwarna putih dengan harum yang unik dengan spathe atau tangkai bunga putih kekuningan berada di tengahnya. Tanaman bunga lili ternyata tidak memerlukan sinar matahari langsung sepanjang hari, hanya cukup diletakkan di tempat teduh saja. Oleh sebab itu sering diletakkan untuk menghiasi bagian dalam ruangan atau indoor. Meskipun begitu, sebagai tanaman hidup sinar matahari langsung akan membuatnya lebih baik, bisa disiasati dengan menjemurnya secara rutin. Mungkin untuk bunga setiap tanaman hanya menghasilkan 1 kuntum bunga, namun wanginya yang lembut akan tercium.

2. Anggrek

Anggrek | macam macam bunga hias
Anggrek | macam macam bunga hias

Siapa yang tidak kenal dengan bunga yang satu ini? Bunga Anggrek adalah satu dari macam-macam bunga hias dengan kecantikan fenomenal yang anggun yang dimiliki Indonesia. Bunganya yang cantik ini tak heran jika dipercaya bisa menyegarkan otak, menstimulasi ingatan dan meningkatkan produktivitas kerja. Anggrek yang merupakan salah satu dari jenis-jenis bunga hias dan nama latinnya adalah Phalaenopsis spp. memiliki setidaknya 5000 spesies bunga. Untuk langkah pembudidayaan secara umum sama saja dimulai dari pemilihan bibit, media tanam dan seterusnya.
Seperti halnya bunga tropis pada umumnya, dalam merawat bunga anggrek ada beberapa hal yang harus dipenuhi yaitu sinar matahari 100% tanpa pelindung dan kelembaban udara sedang. Untuk kebutuhan khusus beda jenis anggrek beda kebutuhan untuk itu lebih baik tanyakan saat membelinya agar tidak salah dalam merawatnya. Budidaya anggrek memang tidak sulit namun dibutuhkan perawatan intensif agar anggrek cepat berbunga.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Anda

3. Mawar

Mawar | macam macam bunga hias
Mawar | macam macam bunga hias

Macam-macam bunga hias selanjutnya adalah Mawar. Mawar dengan nama latin Rosa ini memiliki daya tarik utama pada bunganya yang memiliki berbagai macam warna dan bentuk kelopak. Bunga mawar juga memiliki aroma yang wanginya khas dan telah banyak dimanfaatkan untuk pengharum. Tanaman hias ini disukai oleh semua orang, harganya pun cukup stabil. Cara budidaya mawar juga tidak sulit sehingga mudah dipelihara di rumah sebagai penghias taman.

Pemilihan mawar sebagai salah satu dari macam-macam bunga hias tentu saja sangat cocok, selain memiliki warna-warni bunga yang indah mawar juga mudah dipelihara. Kelebihan lainnya adalah tanaman dari bunga mawar ini tidak membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup.

4. Krisan

Krisan | macam macam bunga hias
Krisan | macam macam bunga hias

Bagi pecinta bunga pasti sudah sangat familiar dengan bunga krisan yang memiliki nama latin Chrysantheum. Tanaman ini merupakan salah satu dari macam-macam bunga hias yang memiliki keindahan yang tak bisa diragukan lagi. Bunga ini memiliki varian warna bunga yang banyak sekali, sehingga menjadi daya tarik utama dari bunga krisan.

Untuk membudidayakan tanaman krisan ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti pemilihan waktu tanam, lahan tanam, perawatan san penyiraman. Jika kamu ingin menanam bunga krisan maka akan lebih baik memilih waktu dengan cuaca sedang hangat seperti penghujung musim hujan. Suhu yang cocok untuk pertumbuhan krisan agar baik adalah pada suhu 22-23 derajat Celcius. Jika belum memiliki keahlian untuk menanam akan lebih mudah jika langsung membelinya yang sudah dalam pot. Setelah itu tinggal memikirkan cara merawatanya, untuk metode penyiraman secukupnya saja jangan berlebihan. Lakukan penyiraman setiap hari dengan jumlah yang cukup agar bunga krisan tetap bagus dan tidak layu.

Baca Juga :  3 Film Komedi Terbaik yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

5. Bromelia

Bromelia | macam macam bunga hias
Bromelia | macam macam bunga hias

Bromelia merupakan salah satu dari macam-macam bunga hias yang bisa kamu tanam di rumah. Tanaman ini adalah kelompok atau keluarga dari nanas-nanasan (Bromeliaceae)berasal dari Amerika dan beberapa diantaranya ada dari Afrika. Kelebihan dari tanaman bunga ini memiliki daun dengan aneka ragam warna dan corak yang begitu menarik dan mempesona. Bahkan beberapa jenis Bromelia ini memekarkan bunga yang begitu bagus maka tidak salah jika dipilih menjadi tanaman hias.

Jika kamu tertarik untuk memiliki tanaman bromelia yang berumur panjang maka media tanamnya harus yang bisa dengan mudah membuang air. Hal ini karena jika media tanam yang digunakan tergenang air maka akan menyebabkan akar bromelia mudah membusuk dan mati. Bisa menggunakan media sekam bakar yang dicampur dengan humus dan serbuk kelapa, juga bisa menggunakan sabut, pakis sekam dicampur pasir.