3 Langkah Mudah Memilih Beras Merah Terbaik

Tingginya kasus diabetes atau gula darah di Indonesia, berhasil membuat sebagian dari kita cukup was-was. Apalagi risiko bagi anak muda dengan orang tua pengidap diabetes, menjadi enam kali lebih besar. Oleh sebab itu, tren olah raga dan mengonsumsi makanan rendah kalori menjadi cukup tenar akhir-akhir ini. Salah satu makanan rendah gula yang cukup efektif dan populer adalah beras merah. Beras merah ini dipercaya secara sempurna untuk menggantikan beras putih, agar jumlah gula dalam tubuh tetap di bawah batas normal. Nah, beberapa merek beras merah terbaru yang bisa kamu coba dapat juga dipantau di sini!

Namun tidak semua beras merah yang di pasaran memiliki kualitas terbaik dengan harga yang ditawarkan. Karena harganya yang cukup mahal dibanding beras biasa, rasa yang relatif hambar, serta tekstur yang lebih keras, ada baiknya kita mengetahui cara memilih beras merah terbaik sesuai dengan kebutuhan. Memilihnya pun tidak bisa asal-asalan karena harus menyesuaikan kondisi tubuh dan kebutuhan nutrisinya. Oleh sebab itu, coba simak tips memilih beras merah pada artikel berikut, agar pilihan beras merahmu selalu jadi yang terbaik!

3 Langkah Mudah Memilih Beras Merah Terbaik

  1. Pilih beras sesuai dengan kebutuhan

Terdapat tiga jenis beras merah yang secara umum ada di pasaran Indonesia. Berdasarkan kandungan gizinya, tiga jenis beras ini juga memiliki harga yang bertingkat. Oleh sebab itu, sesuaikan kebutuhan nutrisi dalam tubuh untuk memilih jenis beras merah berikut:

  • Beras merah biasa (sosoh)

Dibandingkan dengan beras merah jenis lain, beras merah tipe ini memiliki tekstur yang pulen hasil dari dua kali proses penyosohan. Harganya juga lebih murah dari beras merah jenis lain, karena dalam proses budidayanya tidak memerlukan proses-proses lain, layaknya jenis organik. Sebanding dengan tekstur dan rasa yang paling mirip dengan beras putih biasa, beras merah sosoh juga memiliki kandungan gizi paling rendah dibanding beras merah tipe lain. Oleh sebab itu, beras merah jenis ini paling cocok dihidangkan dalam skala besar seperti di restoran atau acara makan-makan bersama.

  • Beras merah organik
Baca Juga :  Resep Ikan Tongkol Pedas Manis Penggugah Selera

Untuk mengatasi serangan hama dan memastikan kualitas tanah tempat tumbuhan di sawah tetap tinggi, produsen beras biasa menggunakan pupuk kimia sintesis dengan kandungan nitrogen tinggi. Ternyata, tingginya nitrogen pada pupuk ini memberikan ancaman pada lingkungan. Oleh sebab itu, beberapa produsen makanan memanfaatkan produk organik yang jauh lebih ramah lingkungan, yang di tanam tanpa pestisida maupun pupuk kimia. Untuk beras merah pun sama. Produsen-produsen besar biasanya juga turut memproduksi beras merah organik yang dikelola tanpa bahan sintesis berbasis kimia, yang tentunya lebih aman dan tanpa pengurangan nutrisi. Karena proses yang panjang dan lebih sulit, beras merah organik juga dijual dengan harga yang lebih mahal.

  • Beras merah pecah kulit

Bagi kamu yang sangat concern terhadap kesehatan dan pemenuhan nutrisi bagi tubuh, beras merah dengan jenis pecah kulit adalah pilihan terbaik dengan kandungan gizi yang melimpah dan berlipat ganda. Biarpun cukup mahal dibandingkan beras sosoh yang telah mengalami proses penyosohan dengan pengurangan nutrisi hingga 90%, rasa, aroma, serta tekstur dari beras merah pecah kulit tidak begitu enak. Karena pada dasarnya, yang dijual dari beras jenis ini adalah masalah nutrisi.

  1. Pilih beras berwarna merah gelap

Berbeda dengan makanan lain, warna gelap dan buluk pada beras merah justru menunjukkan kualitas dan nutrisi yang baik pada berasa merah. Jika beras merah berwarna cerah, berarti telah melewati proses penyosohan yang kuat sehingga nutrisinya berkurang. Oleh sebab itu, untuk gizi dan kualitas terbaik, sebaiknya kamu memilih beras merah berwarna gelap.

  1. Cek kondisi dan tekstur

Beras merah itu mahal, jadi jangan lupa untuk memeriksa tekstur dan kondisi dari beras merah agar selalu mendapatkan beras merah dengan kualitas terbaik.

Baca Juga :  Resep Ikan Tongkol Pedas Manis Penggugah Selera

Itulah tiga tips penting dalam memilih beras merah yang dapat kamu coba. Jika ingin yang lebih praktis, kamu juga bisa membeli produk berkualitas dari merk beras merah terbaik yang sudah cukup mudah ditemukan di pasaran.