Wawan

Seberapa Validkah Alexa Traffic Rank itu?

| Poer | Search Engine Optimization

Ya, seberapa validkah sebenarnya Alexa traffic rank dalam mengukur tingkat trafik sebuah web site?

alexa

Mungkin ini adalah penilaian yang sangat subjektif, karena yang bisa menjawab mungkin hanya pihak Alexa itu sendiri. Tapi mari kita lihat perbandingan dua domain yang aku miliki.

Domain 1: mimpikami.com (3 sub domain)

Pengunjung:  8300 per bulan (berdasarkan plugin WordPress Stats)

Alexa rank: 170,631

Domain 2: adadehpokoknya.com

Pengunjung: 8500 per bulan

Alexa rank: 1,973,390

Tuh, dah liat kan, total pengunjung di bulan January 2009 untuk kedua situs itu setali tiga uang, tapi Alexa rank keduanya bagaikan langit dan bumi.

Perbedaan diantara kedua domain itu hanya di umur domainnya. Domain mimpikami ini berumur hampir dua tahun, sedangkan umur domain satunya baru 4 bulan. Apakah umur domain sebegitu pengaruhnya? Kayaknya enggak deh, soalnya ada domain satu lagi yang dulu dalam 4 bulan bisa dapat Alexa rank 300,000an.

Penasaran, akhirnya tadi di situs adadehpokoknya.com itu aku pasang Alexa widget *biarpun hidden, habis ga suka ama tampilannya :P*

Kalau dulu di algoritma Alexa yang duluuu banget, Alexa rank itu bisa diakali dengan memasang Alexa toolbar dan Alexa widget terus sering2 dikunjungi sendiri, mari kita lihat apakah trik Alexa widget ini masih berlaku atau tidak!

Apakah benar algoritma perangkingan Alexa itu sudah berubah? Kita lihat dalam beberapa waktu ke depan. Jika berhasil, harusnya domain adadehpokoknya itu bisa dapat Alexa rank dibawah 300,000 dengan mudah.

Ehm… Di postingan ini belum ada keyword Internet marketing Indonesia ya? Hihihi…

UPDATE February 23, 2009:

Situs yang adahdehpokoknya.com Alexa Traffic Rank-nya naik jadi 1.3juta, dan kemaren trafiknya udah diatas 1100/day *yippiiii…*

Satu kasus lagi, blog baru baru sebulan, tanpa pasang Alexa Widget, sekarang Alexa Ranknya sudah 524.740 padahal trafik harian rata-rata baru 80an *ya iyalah, wong situs baru :P*. Hayoooo tambah bingung ga tuh?  Kalo emang ngitungnya 3 bulanan, lah ini situsnya baru mau sebulan kok ;))

Related Entries:

Random Entries:

Tinggalkan Komentar Anda