Wawan

Upgrade ke WordPress 2.3

| Poer | Tips dan Tutorial

Akhirnya blog ini ter-upgrade juga ke WordPress 2.3 :D *pfiuwh* Dan ga seperti yg saya kira sebelumnya, ternyata perpindahan ke versi 2.3 ini tidaklah begitu menakutkan ^^

Rata2 plugin yg di pakai disini tidak bermasalah dg versi baru ini, begitu juga dg theme yg saya pakai, untungnya semua kode2 pada theme ini yg tidak standar, dalam arti membutuhkan sebuah plugin untuk dapat bekerja, selalu saya letakkan di dalam fungsi <?php if(function_exists(‘namafungsi’)){?> .. <?php }; ?>, jd ketika migrasi dilakukan, biarpun plugin tersebut belum diaktifkan, tidak akan terjadi error pada tampilan blognya.

Untuk teman2 yg hendak upgrade ke versi 2.3, artikel dari blogsecurity.net berikut ini yg membahas 5 langkah aman untuk upgrade WordPress ke versi 2.3 akan sangat membantu. Inti dari langkah2 yg dibahas disana adalah kita melakukan upgrade pada versi offline dari blog kita, dan ketika semuanya sudah berjalan dg benar, barulah blog yg sudah terupgrade ini kita upload ke server.

Dari forum WordPress juga disebutkan kalau masalah yg paling banyak ditemui pada upgrade ke versi 2.3 adalah database errors yg berhubungan dengan table wp_post2cat atau wp_categories, dan masalah ini terjadi jika kita menggunakan Plugin atau Theme yg tidak kompatible dg WordPress 2.3.

Sebagai contoh dari plugin yg tidak berjalan yaitu Google Sitemap Generator versi sebelum 3.0, plugin Posts by Authors, serta plugin Ultimate Tag Warrior, untuk Theme, yg tidak kompatible seperti theme K2.

Informasi lebih lengkap mengenai kompatibilitas dg WordPress 2.3 bisa dilihat disini:

Related Entries:

Random Entries:

Tinggalkan Komentar Anda