Wawan

SEO, Duplicate Content, dan Excerpt

| Poer | Plugins,Referensi,Tips dan Tutorial

Salah satu bagian dari Search Engine Optimization atau SEO tidak membenarkan adanya duplicate content atau isi yang terduplikasi, dan jika ada, Google, Yahoo! maupun search engine lain akan memberikan penalti pada situs tersebut.

Secara default, WordPress, Blogspot maupun berbagai blog engine lainnya akan menampilkan artikel lengkap dari sebuah post pada halaman depan dari blog itu, dan biasanya kita diberikan pilihan untuk menentukan berapa banyak entries yang akan ditampilkan.

Hal ini tentunya bertentangan dg prinsip duplicate content diatas, karena akan terdapat duplicate content dihalaman depan dan pada halaman single postnya.

Untuk mengurangi duplicate content ini, biasanya kita membatasi jumlah entries yg ditampilkan pada halaman depan, atau hanya menampilkan excerpt atau kutipan dari post tersebut pada halaman utama.

Cara Mudah

Plugin Homepage Excerpts dari Daily Blog Tips menambahkan pilihan lebih pada kita. Dengan plugin ini kita bisa menentukan berapa post yg hendak ditampilkan secara penuh, dan sisanya berupa kutipan.

Jika kita menggunakan halaman utama, halaman kedua dan seterusnya *seperti pada blog ini, dg adanya link ke halaman sebelumnya dibagian bawah halaman utama*, plugin ini akan membuat entries di halaman selanjutnya hanya berupa kutipan, ini satu hal yg tidak bisa dilakukan secara default oleh WordPress.

Homepage Excerpt juga akan otomatis membuatkan kutipan dg memotong isi dari post sesuai panjang yg kita tentukan ketika dia tidak menemukan Excerpt dari post tersebut di WordPress database.

Cara Susah *Ga Perlu Dibaca*

Ok, mulai bagian ini, saya akan menerangkan bagaimana menggunakan excerpt secara manual, tanpa bantuan Homepage Excerpt, jadi bagi teman-teman yg ga mau repot, ga perlu baca bagian ini, silahkan langsung kasih komentar hehehe… :D

Ketika kita membuat sebuah post, pada bagian bawah form entry, kita di berikan pilihan untuk membuat kutipan dari post tersebut. Kutipan yg kita buat disinilah yang akan digunakan oleh fungsi Excerptnya WordPress.

Untuk menampilkannya di blog, kita bisa menggunakan fungsi the_excerpt().

Berikut contoh untuk menampilkan 1 postingan terakhir sebagai full post, dan sisanya sebagai sebuah kutipan.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
<?php
  $i = 1;
  if (have_posts()) :
    while (have_posts()) : the_post();
      if ( $i == 1 ) {
        the_content('Read more...');
      } elseif ( $i > 1 ) {
        the_excerpt();
      }
      $i=$i+1;
    endwhile;
  else :
	<!-- handle no postings -->
  endif;
?>

Silahkan ubah nilai i pada baris ke 7 sesuka hati untuk menentukan berapa post yg ingin ditampilkan sebagai full post.

Nah, bagaimana kalau post tersebut tidak punya excerpt? Yaa kadang kita agak malas buat ngisi bagian excerpt ketika posting sebuah post :P *hei, jangan disamakan ama diri sendiri dong hehehe.. *

Jika post tersebut tidak punya excerpt, tentunya kita harus otomatis membuat sendiri, dan cara yg paling gampang ialah dengan memotong artikel tersebut mungkin 60, 80, atau 120 karakter saja?

Untuk ini kita bisa menggunakan plugin the_excerpt Reloaded. Ketika sebuah post tidak mempunyai excerpt, plugin ini akan menampilkan isi dari artikel, sepanjang yg kita hendaki, dg HTML tag yg diinginkan saja, format link “more…” dll.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
<?php
  $i = 1;
  if (have_posts()) :
    while (have_posts()) : the_post();
      if ( $i == 1 ) {
        the_content('Read more...');
      } elseif ( $i > 1 ) {
        the_excerpt_reloaded(60, '<a>',
	'excerpt', FALSE, '', FALSE, FALSE, TRUE);
      }
      $i=$i+1;
  endwhile;
  else :
	<!-- handle no postings -->
  endif;
?>

Hehehe… Seperti kataku tadi, ini cuma buat pengetahuan saja, silahkan gunakan plugin Homepage Excerpt, yang lebih praktis dan ga perlu proses editing template segala :D

Related Entries:

Random Entries:

Tinggalkan Komentar Anda