12 Vitamin C Terbaik yang Berasal dari Alam

Sejak dahulu kala, vitamin C memiliki peran sangat penting di dalam tubuh, mulai dari menjaga kesehatan tubuh, melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit, dan menjaga keremajaan dan kesegaran kulit. Vitamin C terbaik didapatkan dari makanan yang berasal dari alam, baik dari sayur-sayuran maupun buah-buahan. Vitamin C yang bagus akan mudah larut dalam air sehingga mudah terserap dengan baik di dalam tubuh.

Vitamin C juga dipercaya memiliki peran yang sangat penting untuk proses sintesis kolagen, jaringan ikat, tulang, gigi, dan pembuluh darah. Vitamin C mampu menjadi antioksidan yang memblokir kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Adanya radikal bebas di dalam tubuh, mampu menjadi penyebab tingginya risiko kanker, penyakit jantung, dan penyakit berat lainnya.

12 Vitamin C Terbaik yang Berasal dari Alam

Asupan vitamin C harian yang disarankan untuk dikonsumsi orang dewasa adalah 90 mg/ hari untuk pria, sedangkan untuk wanita sebanyak 75 mg/ hari. Adapun ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C harian sebanyak 85 mg/ hari. Ibu menyusui membutuhkan 120 mg Vitamin C/ hari. Untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C, Anda dianjurkan memakan makanan yang mengandung vitamin C di bawah ini

1. Paprika Merah dan Hijau

Dalam satu cangkir paprika merah mengandung vitamin C tiga kali lebih banyak dari jeruk, yakni sebesar 190 mg. Sedangkan secangkir paprika hijau mengandung vitamin sebanyak 120 mg. Paprika merah dan hijau juga mengandung vitamin A dan sumber serat yang bagus untuk tubuh.

2. Jeruk

Dalam satu buah jeruk kurang lebih mengandung 70 mg vitamin C. Selain dimakan secara utuh, jeruk juga bisa dikonsumsi sebagai minuman segar seperti jus atau jeruk peras. Mengonsumsi jeruk dipercaya sudah mampu mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Penyebab jerawat yang harus segera Anda atasi

3. Cabai Merah

Dalam satu cangkir cabai merah terdapat sekitar 100 mg vitamin C. Selain itu, senyawa capsaicin yang membuat cabai terasa pedas mampu meredakan nyeri sendi dan otot.

4. Stroberi

Stroberi dipercaya mampu membantu pembakaran lemak di dalam tubuh karena mengandung anthocyanin. Dalam satu mangkuk saji stroberi, terdapat kandungan sekitar 90 mg vitamin C yang baik bagi tubuh.

5. Nanas

Nanas mengandung tiamin yang membantu tubuh memproduksi energi. Nanas juga kaya akan mineral mangan yang baik dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam satu mangkuk saji nanas, terdapat kandungan vitamin C sebesar 78,9 mg. Nanas juga mengandung bromelain, yakni senyawa antiinflamasi yang dapat memulihkan tubuh pasca latihan yang berat.

6. Kiwi

Dalam satu porsi kiwi mengandung 137,2 mg vitamin C yang bisa diserap tubuh. Kiwi juga mengandung kalium dan tembaga yang baik bagi kekebalan tubuh.

7. Mangga

Buah ini mengandung vitamin C sebesar 122,3 mg. Tidak hanya mengandung vitamin C, mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

8. Jambu Biji

Satu buah jambu biji mengandung 125 mg vitamin C. Angka tersebut merupakan angka yang tinggi dan melebihi kebutuhan asupan harian tubuh akan vitamin C.

9. Pepaya

Dalam satu mangkuk saji pepaya atau sekitar 150 gram, terdapat sekitar 90 mg vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain mengandung vitamin C, pepaya juga dipercaya mencegah demensia dan kanker. Pepaya juga mampu menyehatkan saluran cerna dan memperkuat imunitas tubuh.

10. Bayam

Dalam semangkuk bayam (30 gram), terdapat kandungan vitamin C sebesar 8,5 mg.

11. Kembang Kol

Dalam semangkuk kembang kol mentah, terdapat 50 mg vitamin C.

12. Brokoli

Satu mangkuk brokoli hijau mengandung 80 mg vitamin C. Setelah dimasak, kandungannya akan berkurang menjadi 50 mg.
Jika Anda memiliki gangguan penyerapan vitamin C, Anda bisa mengonsumsi tablet vitamin C terbaik yang tersedia di pasaran untuk menambah jumlah asupan harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga :  Flu Saat Hamil? Berikut Obat Flu yang Aman Bagi Ibu Hamil!