11 Cara Memilih GoPro agar Kegiatan Outdoormu Semakin Asyik!

Orang-orang yang hobi melakukan kegiatan luar ruangan, kini tidak perlu kesulitan lagi dalam mendokumentasikan aksinya dengan sudut pandang first person view. Kini ada banyak kamera aksi atau kamera GoPro yang hadir dalam berbagai merek. Harga GoPro pun cukup bervariatif sesuai dengan fitur dan keunggulan yang ditawarkan.

Misalnya saja ada GoPro yang menonjolkan kualitas gambar 4K, ada yang menawarkan fitur wide angle, bahkan ada yang menawarkan fitur penahan guncangan. Agar dapat mendokumentasikan kegiatan outdoormu dengan lebih maksimal, pemilihan GoPro sebagai kamera aksi pilihanmu juga tidak bisa sembarangan. Berikut yang bisa kamu perhatikan sebelum memilih GoPro!

11 Cara Memilih GoPro agar Kegiatan Outdoormu Semakin Asyik!

  1. Pilih kualitas gambar sesuai kebutuhan

Semakin bagus kualitas gambar, biasanya harganya akan semakin tinggi. Untuk itu, sesuaikan kebutuhanmu. Biasanya kualitas  full HD sudah cukup untuk mendapatkan video yang bagus, tetapi jika ingin mendapatkan video dengan resolusi terbaik, pilihlah yang memiliki resolusi 4K.

  1. Pilih yang memiliki high frame rate

Jika kamu menjalani olahraga ekstrem yang membutuhkan gerakan cepat, pendokumentasian terbaik adalah fokus pada frame ratenya, yakni jumlah frame yang bisa direkam per detiknya. Semakin besar angka frame ratenya, gambar yang dihasilkan akan semakin halus.

  1. Pilih kesesuaian angle of view

Biasanya kamera aksi memiliki sudut pandang 130—150 derajat, meski kini ada yang sampai 200 derajat. Jika kamu termasuk yang mementingkan kestabilan dari guncangan dan ingin mendapat gambar yang halus, pilihlah kamera bersudut pandang yang sempit. Sedangkan kalau kamu mau mengambil sudut pandang luas agar terasa lebih nyata, pakailah kamera yang memiliki wide angle.

  1. Pilih yang memiliki image stabilizer

Pilihlah GoPro yang memiliki optical stabilizer dibandingkan electronic stabilizer jika kamu mengutamakan kualitas gambar. Namun jika kamu mementingkan alat yang lebih compact, pilih yang memiliki electronic stabilizer.

  1. Pastikan kemampuan waterproof dan dustproof

Jika kamu lebih banyak melakukan aktivitas air, pastikan GoPro milikmu memiliki fitur waterproof. Gunakan GoPro dengan kemampuan waterproof hingga 20-60 meter jika digunakan untuk diving. Sedangkan jika kamu hobi melakukan trail run atau motorcross, pastikan kamu memilih GoPro yang memiliki fitur dustproof agar fungsi kamera tidak terganggu saat kamu beraktivitas.

  1. Perhitungkan daya tahan baterai

Memastikan daya tahan baterai sangat penting agar kamera tidak mendadak mati karena kehabisan daya padahal kamu sedang melakukan olahraga ekstrem yang tidak bisa dihentikan seenaknya. Pastikan juga kamu menyiapkan baterai cadangan agar sesaat setelah habis, GoPro tetap bisa berfungsi dengan penggantian baterai.

  1. Pilih yang ukuran dan beratnya memudahkan

GoPro didesain untuk dipasang di helm, baju, setang motor, dll sehingga ukuran yang compact dengan bobot yang ringan adalah pilihan terbaik.

  1. Pilih yang menggunakan beragam mount

Kamera GoPro dipakai di tempat dan situasi yang bermacam-macam sehingga biasanya mount dipakai untuk memastikan GoPro tidak terjatuh. Ada beragam jenis mount yang dikeluarkan, baik oleh produsen asli ataupun pihak ketiga agar memudahkan pemakaian GoPro.

  1. Pilih yang dilengkapi Wifi

Adanya Wifi akan memudahkan kamu dalam mentransfer video atau foto sehingga kamu tidak akan kesulitan memindahkan file-file milikmu.

  1. Pilih yang memiliki layar built in

Pastikan kamu memilih kamera kamera yang memiliki display atau layar built-in agar kamu bisa mengambil gambar sambil mengatur komposisinya.

  1. Pilih yang memiliki iluminasi objek di bawah 5 lux

Kalau kamu sering mengambil gambar di dalam gua atau pada malam hari, pilihlah yang iluminasinya lebih rendah dari 5 lux. GoPro biasanya memiliki iluminasi objek sebesar 6 lux.

Baca Juga :  Spesifikasi Oppo A71: Gadget Murah dengan Kualitas Mumpuni!

Cek harga GoPro di marketplace kesayangan kamu di sini ya!